var id = "b7ee28167cdccb8e677504a68d663fe33ef804b7"; class="post-template-default single single-post postid-65 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Orang Tua Harus Tahu! Ini Penyakit yang Sering Mengintai si Kecil

Setiap orang tua tentunya sangat menyayangi anak-anak mereka dan ingin selalu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Jika si kecil adalah pribadi yang aktif bermain di lingkungan luar, tentunya orang tua mengkhawatirkann kesehatannya. Pada umumnya, anak-anak lebih rentan terkena penyakit daripada orang dewasa. Oleh karena itu, sebagai orang tua haruslah mengetahui penyakit umum yang rentan menyerang si kecil.

chat spesialis anak

 Yuk, kenali lebih dekat penyakit-penyakit yang bisa saja mengintai si kecil agar bisa memberikan pertolongan pertama pada buah hati Anda!

  • Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh rotavirus, kadang juga disebabkan oleh kolera, disentri, serta bakteri lainnya. Diare ditandai dengan lebih banyak buang air dan feses encer, tidak seperti biasanya. Penyakit ini bisa segera disembuhkan dengan penanganan dini, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk perawatan yang lebih baik.

  • Campak

Campak merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi si kecil. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan mudah, tetapi akan mematikan jika tidak ditangani dengan baik. Lebih dari 30 juta kasus campak tiap tahunnya, kebanyakan terjadi pada anak-anak. Campak ditandai dengan batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan, mata meradang, dan ruam. Penyakit campak ini dapat menyebabkan kerusakan otak dan juga kebutaan, oleh sebab itu, si kecil harus disuntikkan vaksin untuk mencegah infeksi campak.

  • Difteri

Penyakit ini adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan mengancam jiwa si kecil dengan cepat. Gejala difteri meliputi sakit tenggorokan, demam, lemas, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Difteri mudah dicegah dengan vaksin yang disuntikkan pada si kecil sejak dini.

  • Batuk rejan

Batuk yang satu ini sangat berrbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Batuk rejan atau juga dikenal dengan nama pertusis ini adalah penyakit yang menular dengan cepat. Batuk rejan ditandai dengan batuk berat atau kronis, hidung tersumbat, pilek, demam, dan kelelahan. Jika si kecil mengalami gejala seperti itu, silakan kunjungi rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang baik.

  • Demam

Salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak-anak adalah demam. Demam adalah kondisi di mana tubuh mengalami kenaikan suhu sementara. Sebagai orang tua, Anda dapat memberikan obat seperti paracetamol atau ibuprofen pada saat si kecil demam.

  • Masalah kulit

Anak-anak lebih rentan mengalami masalah kulit atau alergi pada kulit, karena sering beraktivitas di luar rumah. Masalah kulit yang sering dialami oleh anak-anak adalah gatal-gatal akibat gigitan serangga, impetigo, demartitis kontak, dan masalah kulit lainnya.

  • Radang tenggorokan

Si kecil akan kesulitan menelan jika ia mengalami radang tenggorokan. Hal ini biasa disebabkan oleh bakteri atau virus. Tentunya hal ini membuat si kecil merasa tidak nyaman saat makan dan minum. Untuk membantu si kecil mengurangi gejala radang tenggorokannya, sang ibu bisa memberikan obat penghilang rasa sakit atau meminta si kecil untuk banyak minum air.

Itulah beberapa penyakit umum yang bisa saja menyerang buah hati Anda. Sebagai orang tua,   sudah semestinya merawat anak dengan kasih sayang dan mencegahnya terserang oleh penyakit. Namun, jangan panik jika si kecil terkena penyakit, Anda bisa berkonsultasi dengan chat spesialis anak di klikdokter atau langsung mengunjungi rumah sakit terdekat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>